Paket Komodo Murah

Paket Komodo Murah
Paket Komodo Murah

Friday, March 27, 2015

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo adalah taman perlindungan flora dan fauna yang memiliki luas sekitar 170.000 hektar terdiri dari laut dan darat, mencakup Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan pulau-pulau kecil lainnya. Kepulauan di daerah Nusa Tenggara ini memiliki tekstus tanah yang kasar dan berbukit-bukit. Sebagian pulau yang dibentuk oleh letusan gunung berapi ini beriklim sangat kering dengan curah hujan pertahun sekitar 800 mm antara bulan November dan April. Di pulau Komodo ada satu desa dengan penduduk kurang lebih 700 jiwa. Sebagian besar dari mereka ada;ah keturunan Bima dan bermata pencaharian sebagai nelayan.

Ada sedikitnya 3.700 Komodo yang hidup di Taman Nasional Komodo, dan telah dimasukkan ke dalam daftar spesies yang terancam punah. Keberadaan Komodo tidak diketahui oleh dunia hingga pada tahun 1910 seorang penjajah belanda bernama Steyn Van Hensbroek melakukan ekspedisi ke Kepulauan ini setelah mendengar rumor adanya Buaya besar yang menarik perhatiannya. Pada akhirnya Van Hensbroek dan seorang pemilik kebun binatang bernama Peter menentukan bahwa Komodo bukanlah jenis dari Buaya melainkan salah satu jenis dari biawak. Pemerintah kolonial Belanda menyadari Komodo merupakan hewan yang luar biasa dan langka. Pada akhirnya mereka melakukan riset yang lebih mendalam dan melanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo yang mereka yakini sebagai habitat asli hewan ini.


Menurut sensus terakhir pada tahun 1999, sekitar 1.700 komodo bertahan hidup di Pulau Komodo dan sekitar 2.000 komodo hidup di Pulau Rinca. Komodo terbesar yang pernah diukur memiliki panjang nyaris 3 meter. Sedangkan komodo terberat yang pernah dicatat oleh para peneliti di Taman Nasional Komodo memiliki berat 54 kg. Musim kawin komodo berada pada rentang bulan Juli-Agustus. Komodo betina mampu mengeluarkan rata-rata 20 telur dalam 1 tahap melahirkan yang menetas sembilan bulan kemudian.